Fasilitas

FASILITAS DAN SARANA PRASARANA

 

  1. Gedung Kuliah dan Laboratorium

Dengan selesainya pembangunan Gedung Fakultas MIPA pada tahun 2014 ini, maka tersedia bangunan gedung adminitrasi, laboratorium dan ruang perkuliahan. Terdapat 8 ruang gedung perkuliahan yang mampu  melayani 80 orang mahasiswa per ruang per tatap muka.  Sementara itu, perkuliahan yang memerlukan praktikum di laboratorium tidak mengalami kendala mengingat Fakultas MIPA awalnya adalah UPT – MIPA yang merupakan unit pelayanan bagi praktikum ilmu-ilmu dasar di Universitas Mataram. Bahkan, laboratorium yang ada di Fakultas MIPA pada saat ini masih dapat melayani praktikum  ilmu-ilmu dasar dari fakultas lain di lingkungan Universitas Mataram di luar Fakultas MIPA maupun dari Perguruan Tinggi lain. Kegiatan penelitian dosen dan mahasiswa Biologi dilakukan juga di laboratorium Imunobiologi.

Laboratorium Biologi terdiri dari terdiri dari tiga lantai dengan lantai dasar merupakan ruang adminitrasi Program Studi Biologi (ruang ketua, sekretaris program studi dan ketua laboratorium Biologi), satu ruang untuk Laboratorium Kelautan, ruang dosen 1 dan 2, serta ruang pelayanan andministrasi untuk mahasiswa PS Biologi. Lantai 2 dan 3 merupakan laboratorium, dilengkapi dengan ruang laboran, ruang praktikum, serta ruang alat dan bahan. Pada lantai 2 terdapat juga 2 ruang yang masing-masing digunakan untuk laboratorium mikrobiologi dan kultur jaringan,

Ruang kerja dosen Program Studi Biologi terletak pada dua ruangan besar. Ruangan pertama dan diisi oleh 6 orang dosen dengan tiap orang dosen menempati ruang 4 m2 dilengkapi dengan ruang konsultasi mahasiswa dan perpustakaan kecil. Ruangan kedua diisi oleh 5 orang dosen dengan tiap orang dosen menempati ruang 4 m2. Ruangan tersebut dimanfaatkan oleh dosen dalam melaksanakan konsultasi tugas perkuliahan, skripsi dan perwalian mahasiswa. Sampai dengan tahun 2014, jumlah dosen di Program Studi Biologi  adalah 27 orang (14 dosen homebase) , dimana 13 orang dosen sedang menyelesaikan tugas belajar untuk menyelesaikan program Doktor.

Ruang seminar  terletak di lantai 1 gedung Laboratorium Imunobiologi, ruang ini berfungsi  sebagai ruang seminar tugas akhir mahasiswa. Sementara itu, ujian skripsi mahasiswa dilakukan di dua tempat yaitu ruang seminar imunobiologi dan lab kelautan. Laboratorium dan fasilitas didalamnya digunakan sebagai tempat penyelenggaraan praktikum mahasiswa. Kegiatan praktikum dilaksanakan selama proses kegiatan belajar-mengajar berdasarkan mata kuliah tertentu yang memiliki komponen praktikum. Kegiatan penelitian dosen dan pelayanan kepada mahasiswa tugas akhir juga dilaksanakan di laboratorium. Pada umumnya persoalan penggunaan ruang praktikum mahasiswa pada Program Studi Biologi dapat diatasi dengan mengatur jumlah shift praktikum yang disesuaikan dengan jumlah mahasiswa dan kapasitas laboratorium. Mahasiswa dalam mengerjakan tugas akhir juga menggunakan laboratorium untuk melaksanakan penelitian di bawah bimbingan dosen pembimbing. Selain kegiatan praktikum mahasiswa, dosen juga memanfaatkan fasilitas laboratorium bagi kegiatan penelitian (research & development) dengan dibantu mahasiswa.

Terdapat sarana dan prasarana penunjang kegiatan ekstrakulikuler mahasiswa, diantaranya ruang BEM, ruang HMPS dan lapangan volley, dimana pengeloaan sarana tersebut dilakukan oleh fakultas. Selain itu terdapat juga sarana dan prasarana kesehatan (poliklinik) dan beberapa lapangan olahraga yang pengelolaannya dilkakukan oleh universitas.

  1. Sarana Penunjang

Untuk melengkapi sarana belajar dan sumber belajar, di Universitas Mataram tersedia Perpustakaan yang mempunyai koleksi dari berbagai disiplin ilmu. Di tingkat Fakultas, FMIPA juga mempunyai perpustakaan khusus untuk MIPA dengan bangunan tersendiri. Di tingkat Program Studi, ada perpustakaan kecil yang terletak di ruang kerja dosen berisi literatur biologi.

Program studi Biologi telah mengembangkan pembelajaran berbasis IT,             e-pbm dengan laman web: http://belajar.biosains.web.id. Sedangkan  publikasi hasil penelitian mahasiswa dan dosen program studi Biologi memiliki jurnal elektronik, e-journal, dengan laman http://e-journal.biosains.web.id.  

Saat ini, sebagai perguruan tinggi negeri, Universitas Mataram juga dapat mengakses beberapa artikel ilmiah yang disediakan DIKTI melalui Portal Garuda. Di dalam portal ini tersedia e-jurnal domestik dan karya-karya ilmiah seperti laporan penelitian, tugas akhir mahasiswa (skripsi, tesis, dan disertasi), patent, prosiding, Standar Nasional Indonesia (SNI), Pidato pengukuhan guru besar para akademisi dan peneliti. Selain itu, dikti juga berlangganan e-journal yang dapat diakses oleh seluruh civitas Universitas Mataram dengan password yang diberikan oleh DIKTI. e-journal yang dapat diakses tersebut adalah,

  1. ProQuest, diakses melalui www.proquest.com/pqdweb mencakup,
    • Bidang Agama
    • Bidang Ilmu Sosial
    • Bidang Pertanian
    • Bidang Sains
    • Bidang Seni
  2. EBSCO, diakses melalui http://search.epnet.com mencakup bidang ilmu,
    • Bidang Teknik
    • Bidang Bisnis
    • Bidang Kedokteran
  3. Cengage, diakses melalui www.infotrac.galegroup.com/itweb mencakup bidang ilmu,
    • Bidang Sains
    • Bidang Pendidikan
    • Bidang Ilmu Sosial