Sejarah Prodi Biologi

Program Studi Biologi

Berdasarkan surat keputusan Direktorat Jenderal Pendidikan Tinggi No 2290/DT/2001 tanggal 4 Juli 2001,Unram telah membuka Program Studi Biologi dan mulai menerima mahasiswa sejak tahun akademik 2002/2003. Sementara itu, Program Studi Matematika, Fisika dan Kimia juga telah dibuka di Unram menyusul Program Studi Biologi Berdasarkan SK Dirjen Dikti No. 1192/DT/2006, tanggal 10 Juli 2006. Sejak tahun akademik 2006/2007 ketiga program studi tersebut mulai menerima mahasiswa baru, dengan  struktur organisasi berada di bawah Rektor Unram. Kondisi struktur organisasi tersebut tentu menimbulkan berbagai hambatan, baik dalam pelaksanaan proses belajar mengajar, maupun dalam pelaksanaan tridarma pendidikan tinggi secara keseluruhan.

Sejarah

Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam (FMIPA) telah direncanakan pendiriannya sejak tahun 1985, yaitu dengan mengirim beberapa dosennya untuk menempuh program S-2 dan S-3 dalam bidang ilmu dasar, baik di dalam, maupun di luar negeri. Tahun 1989, Universitas Mataram (Unram) membentuk unit pelayanan dan pengkajian ilmu-ilmu dasar (UPPID), berdasarkan Surat Keputusan (SK) Rektor Unram No. 136/PT21.H/H.01.12/1989 tanggal 4 Januari 1989, yang secara khusus bertugas menyiapkan pembelajaran ilmu dasar di Unram. Sebagai tindak lanjut dari kebijakan tersebut, Unram membangun fasilitas laboratorium dasar (Biologi, Kimia dan Fisika), yang diikuti dengan pemusatan praktikum ilmu dasar di UPPID, khususnya bagi mahasiswa yang memprogramkan ilmu dasar tahun pertama, pada Fakultas Pertanian, Peternakan, KIP dan Teknik. Lima tahun kemudian (1994), bidang tugas UPPID diperluas, tidak saja sebagai unit pengkajian, tetapi juga sebagai unit pengembangan ilmu dasar, dengan SK Rektor Unram No. 7796/PT21.H/H.01.12/1994, tanggal 31 Agustus 1994.

Mengingat beban tugas UPPID yang semakin berat, mencakup tugas penelitian ilmu dasar, baik yang dilakukan oleh dosen maupun mahasiswa di lingkungan Unram, maka Rektor Unram mengubah status UPPID menjadi unit pelayanan teknis matematika dan ilmu pengetahuan alam (UPT-MIPA), berdasarkan SK Rektor No. 10933/J18.H/HK.01.11/1996, tanggal 8 Nopember 1996.

Bertambahnya bidang tugas UPT-MIPA juga mengakibatkan bertambahnya keterlibatan berbagai pihak, seperti dosen, mahasiswa, teknisi laboratorium dan tenaga administrasi, maka diperlukan penyempurnaan organisasi UPT-MIPA untuk mejamin kelancaran tugas yang dibebankan. Oleh karena itu, berdasarkan SK Mendikbud No. 0181/0/1995, tanggal 8 Juli 1995, Rektor memandang perlu menyempurnakan organisasinya yang ditindak lanjuti dengan SK Rektor yang mengatur tentang organisasi dan tata kerja UPT-UPT yang ada di lingkungan Unram.

Sebagai tindak lanjut dari kebijakan tersebut, Unram terus berupaya meningkatkan fasilitas laboratorium yang dikoordinir oleh UPT-MIPA, tidak saja laboratorium-laboratorium dasar untuk menunjang kegiatan praktikum ilmu dasar, tetapi juga pengembangan fasilitas laboratorium penelitian seperti Laboratorium Kimia Analitik dan Laboratorium Immunobiologi dengan fasilitas yang sangat memadai untuk menunjang program penelitian staf pengajar. Selain itu, jumlah dan kualifikasi staf dan teknisi terus ditingkatkan, baik melalui program pasca sarjana maupun pelatihan. Upaya ini dimaksudkan sekaligus sebagai persiapan pembukaan FMIPA Unram.

Berdasarkan surat keputusan Direktorat Jenderal Pendidikan Tinggi No 2290/DT/2001 tanggal 4 Juli 2001,Unram telah membuka Program Studi Biologi dan mulai menerima mahasiswa sejak tahun akademik 2002/2003. Sementara itu, Program Studi Matematika, Fisika dan Kimia juga telah dibuka di Unram menyusul Program Studi Biologi Berdasarkan SK Dirjen Dikti No. 1192/DT/2006, tanggal 10 Juli 2006. Sejak tahun akademik 2006/2007 ketiga program studi tersebut mulai menerima mahasiswa baru, dengan  struktur organisasi berada di bawah Rektor Unram. Kondisi struktur organisasi tersebut tentu menimbulkan berbagai hambatan, baik dalam pelaksanaan proses belajar mengajar, maupun dalam pelaksanaan tridarma pendidikan tinggi secara keseluruhan.

Untuk itu, pada tanggal 25 Agustus 2007 Rektor Unram membubarkan UPT-MIPA berdasarkan surat keputusan dengan nomor 10578/H18/HK/2007, dan pada tanggal yang sama membentuk Fakultas MIPA dengan SK bernomor 10.147/H18/HK/2007. Fakultas MIPA yang terbentuk terdiri dari empat program studi, yaitu Kimia, Fisika, Matematika dan Biologi.

Riset Unggulan 

Dosen pada Progran studi Biologi Fakultas MIPA Universitas Mataram telah banyak melakukan Penelitian yang bertaraf internasional seperti berikut :

1)         Functional Group of Spiders in Cultivated Landscape Dominated by Paddy Fields in West Java, Indonesia;
2)         Potency of Rhadophyta as Carageenan-Producing Macroalgae;
3)         The Effect Several West Nusa Tenggara Seaweeds on Growth and Yield of Tomato (Licopersicumesculentum L);
4)         Plant Usage for Healing Skin Disease by Traditional Javanese People;
5)         Mapping of Marine Plant Distribution in North Coastal Area of Sumbawa Regency Using ALOS AVNIR-2 Data;
6)         Diversity of Seaweed in West Nusa Tenggara and Its Potency;
7)         Diversity of Seaweed in West Nusa Tenggara and Its Potency;
8)         The effect of Several West Nusatenggara Seaweeds on Growth and Yield of Tomato (licopersicumesculentum l.);
9)         The effect of Macro Algae Extracts on Germination and Growth of Several Legume Species;
10)     StudiKeanekaragamanMakroInvertebratabentikSebagai Indicator Kualitasperairan Sungai Jangkuk .NTB;
11)     Skreening of Antibiotik Producing Actinomycetes  at Salt Lake GiliMeno-Northern of Lombok;
12)     Uji Potency Proteksi seluler Rumput Laut Strain Nusa Tenggara Barat Sebagai Dasar Pengembangan Bahan Pelindung Kulit Alami;
13)     Diversity of Seaweed In west Nusa Tenggara Barat and its  Potency.
14)     Konsorsium tumbuhan anti moluska
15)     Konsorsium tumbuhan anti serangga
16)     Konsorsiaum mikroalga untuk produksi biodiesel.

Sarana dan prasarana yang telah dimiliki  terdiri atas laboratorium Biologi, Kelautan, Bioteknologi, Kimia, Fisika dan Kimia Analitik. Selain itu untuk keperluan penelitian dan tugas akhir, disediakan pula peralatan mutakhir di bidang kultur jaringan hewan dan tumbuhan, biologi molekuler, imunologi, dan rekayasa genetik, serta untuk penentuan struktur kimia suatu bahan hayati (seperti bahan bioaktif, obat-obatan tradisional dll) yang berada pada Laboratorium Bersama Universitas Mataram.

Visi

Tahun 2020 sebagai pusat pengkajian biologi di Kawasan Indonesia Timur berbasis pemanfaatan sumberdaya alam wallace.

Misi

  1. Menyelenggarakan pendidikan tinggi yang berkualitas, berbasis penelitian di bidang Biologi (kekhasan daerah wallace) dalam upaya pencerdasan dan pemberdayaan masyarakat;

  2. Melayani pelaksanaan program Tri Dharma Perguruan Tinggi dalam bidang Biologi dengan kekhasan daerah wallace;

  3. Mendukung perkembangan ilmu terapan berbasis bidang biologi;

  4. Menjalin kerjasama dengan institusi lain dan instansi swasta di dalam dan luar negeri dalam upaya pengembangan kekhasan wilayah wallace.

Tujuan

Tujuan penyelenggaraan Program Studi Biologi FMIPA UNRAM ialah:

  1. Menghasilkan lulusan yang berkualitas dengan pengetahuan kekhasan daerah wallace;

  2. Menghasilkan penelitian yang berkualitas dan kompeten dalam bidang biologi dengan kekhasan daerah wallace;

  3. Menerapkan hasil penenlitian bidang biologi kekhasan wilayah wallace yang untuk membantu masyarakat;

  4. Memberikan kontribusi dalam proses pengembangan ilmu yang berbasis ilmu biologi tingkat nasional dan internasional.

12528121_932079060216626_634793108_n